Rabu, 21 Oktober 2020

Ibadat Siang: Rabu, 21 Oktober 2020

Rabu, 21 Oktober 2020

Pekan Biasa XXIX – O Pekan I

Hari Biasa (H)

 

IBADAT SIANG

 

PEMBUKAAN

P: Ya, Allah, bersegeralah menolong 

aku.

U: Tuhan, perhatikanlah hambaMu.

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera 

dan Roh Kudus.

Seperti pada permulaan sekarang, 

selalu dan sepanjang segala abad. 

Amin.

Alleluya

 

MADAH

Marilah kita bernyanyi

Bagi penebus ilahi

Dengan iman dan harapan

Penuh cinta yang bertahan.

 

Sambil mohon dibebaskan

Dari tipu daya lawan

Agar selalu setia

Dalam mengabdi sesama.

 

Terpujilah Allah Bapa

Bersama Putra tercinta

Yang memperoleh Roh suci

Pembaharu muka bumi. Amin.

 

PENDARASAN MAZMUR

 

Ant. 1         Terpujilah Engkau, ya 

Tuhan; ajarkanlah ketetapanMu 

kepadaku, (M.P. Alleluya).

 

Mazmur 118 (119),9-16

 

Bagaimana kaum muda dapat 

mempertahankan hidupnya tanpa 

cela?*

Dengan memperhatikan firmanMu.

 

Dengan segenap hati aku mencari 

Engkau,*

jangan biarkan aku menyimpang 

dari perintahMu.

 

Dalam hatiku kusimpan sabdaMu,*

agar aku jangan berdosa 

terhadapMu.

 

Terpujilah Engkau, ya Tuhan,*

ajarkanlah ketetapanMu kepadaku.

 

Bibirku akan mewartakan,*

segala ucapan mulutMu.

 

Aku bergembira atas perintahMu,*

melebihi segala harta.

 

TitahMu selalu kurenungkan,*

jalanMu selalu kuamat-amati.

 

KehendakMulah kesukaanku,*

firmanMu takkan kulupakan.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera 

dan Roh Kudus.

Seperti pada permulaan sekarang, 

selalu dan sepanjang segala abad. 

Amin.

 

Ant. 1         Terpujilah Engkau, ya 

Tuhan; ajarkanlah ketetapanMu 

kepadaku, (M.P. Alleluya).

 


Ant. 2         Langkahku menempuh 

jalan perintahMu, ya Tuhan, 

(M.P. Alleluya).

 

Mazmur 16 (17)           Selamatkan 

daku dari orang durjana, ya Tuhan

 

Selagi hidup di dunia, Kristus 

mempersembahkan doa..., dan Ia 

didengarkan (lh. Ibr. 5,7).

 

Tuhan, dengarkanlah permohonanku

 yang jujur,*

perhatikanlah seruanku.

 

Indahkanlah doaku,*

yang keluar dari hati yang ikhlas.

 

Semoga Engkau menjatuhkan 

keputusan bagiku,*

sebab Engkau tahu siapa yang benar.

 

Bila Engkau menguji hatiku,†

dan menelitinya waktu malam,*

bila Engkau mengusut aku, Engkau 

takkan mendapatkan kejahatan.

 

Mulutku tidak berdusta, tidak seperti

 orang lain,*

sabda bibirMu selalu kuperhatikan.

 

Langkahku menempuh jalan 

perintahMu,*

maka kakiku tidak goyah.

 

Aku berseru kepadamu, sebab 

Engkau mendengarkan daku, ya 

Allah,*

condongkanlah telingamu kepadaku, 

dengarkanlah kataku.

 

Tunjukkanlah keagungan kasih 

setiaMu,*

Engkau penyelamat orang yang 

berlindung kepadaMu.

 

Dengan kekuasaanMu 

Kauselamatkan mereka,*

dari tangan kaum durhaka.

 

Peliharalah aku bagaikan biji mata,*

sembunyikan daku di bawah 

naungan sayapMu.

 

Lindungilah aku terhadap orang 

berdosa yang menguasai aku,*

terhadap musuh yang dengan geram 

mengepung aku.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera 

dan Roh Kudus.

Seperti pada permulaan sekarang, 

selalu dan sepanjang segala abad. 

Amin.

 

Ant. 2         Langkahku menempuh 

jalan perintahMu, ya Tuhan, 

(M.P. Alleluya).

 


Ant. 3         Bangkitlah, Tuhan, 

luputkan daku dari orang berdosa, 

(M.P. Alleluya)

                         II

Mereka tak kenal belaskasihan,*

mereka bicara dengan angkuh.

 

Kini mereka mengerumuni aku,*

mengintai hendak mengempaskan 

daku ke tanah.

 

Rupanya seperti singa yang siap 

menerkam,*

seperti singa muda yang 

mengendap-endap di persembunyian.

 

Bangkitlah, Tuhan, hadapi dan 

rebahkanlah mereka,†

dengan pedangMu luputkan daku 

dari orang berdosa,*

dengan kuasaMu bebaskan daku 

dari kematian.

 

Karena kejujuranku aku 

memandang wajahMu,*

waktu bangun aku menikmati 

hadiratMu.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera 

dan Roh Kudus.

Seperti pada permulaan sekarang, 

selalu dan sepanjang segala abad. 

Amin.

 

Ant. 3         Bangkitlah, Tuhan,

 luputkan daku dari orang berdosa, 

(M.P. Alleluya).

 

BACAAN SINGKAT

(1Ptr 1,15-16)

Allah yang kudus telah memanggil 

kamu. Maka hendaklah kamu 

menjadi kudus dalam seluruh 

hidupmu, sama seperti Allah. Sebab

ada tertulis: Hendaknya kamu kudus, 

sebab Aku ini kudus.

 

P: Para imam mengenakan pakaian 

kesucian.

U: Dan umat akan bersorak gembira.

 

DOA PENUTUP

Allah yang mahakuasa dan 

mahamurah, Engkau memberi kami 

kesempatan untuk sebentar menarik 

nafas di tengah hari ini. Pandanglah 

kiranya pekerjaan yang sudah kami 

mulai, dan perbaikilah kekurangan 

dalam usaha kami. Semoga seluruh

 pekerjaan dapat kami selesaikan 

seturut kesukaan hatiMu. Demi 

Kristus, pengantara kami. Amin

 

PENUTUP

P: Marilah memuji Tuhan.

U: Syukur kepada Allah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar