Kamis, 22 Oktober 2020

Ibadat Sebelum Tengah Hari: Kamis, 22 Oktober 2020

Kamis, 22 Oktober 2020

Pekan Biasa XXIX – O Pekan I

Hari Biasa (H)

 

IBADAT SEBELUM TENGAH HARI

 

PEMBUKAAN

P: Ya, Allah, bersegeralah menolong 

aku.

U: Tuhan, perhatikanlah hambaMu.

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera 

dan Roh Kudus.

Seperti pada permulaan sekarang, 

selalu dan sepanjang segala abad.

Amin.

Alleluya

 

MADAH

Kita bersama memuji

Tuhan Allah maha suci

Yang mengurniakan rahmat

Kepada seluruh umat.

 

Kita menyatakan hormat

Pada Tuhan penyelamat

Sambil sujud mohon berkat

Agar tabah lagi kuat.

 

Terpujilah Allah Bapa

Bersama Putra tercinta

Yang memperoleh Roh suci

Pembaharu muka bumi. Amin.

 

PENDARASAN MAZMUR

 

Ant. 1         Bukalah mataku, ya 

Tuhan, maka aku memandang 

hukumMu yang mengagumkan, 

(M.P. Alleluya).

 

Mazmur 119 (120)          

Merindukan perdamaian

 

Sabarlah dalam kesusahan dan 

bertekunlah dalam doa (Rom 12,12)

 

Dalam kesesakanku aku berseru 

kepada Tuhan,*

dan Ia mendengarkan daku.

 

Ya Tuhan, lepaskanlah aku dari bibir 

pendusta,*

dan dari lidah penipu.

 

Tuhan pasti membalas kamu,*

Ia pasti mengganjar kamu, hai para 

penipu!

 

Dengan panah tajam dari busur 

tentara,*

dengan bara yang berpijar-pijar.

 

Celakalah aku, entah aku tinggal jauh 

di daerah Mesekh,*

entah jauh di perkemahan Kedar!

 

Aku masih tinggal terlalu dekat juga*

pada orang yang membenci 

perdamaian.

 

Kalau aku, perdamaianlah yang 

kubicarakan,*

sedangkan mereka hanya 

peperangan.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera 

dan Roh Kudus, seperti pada 

permulaan sekarang selalu dan 

sepanjang segala abad. Amin

 

Ant. 1         Bukalah mataku, ya Tuhan, 

maka aku memandang hukumMu 

yang mengagumkan, (M.P. Alleluya).

 


Ant. 2         Bimbinglah aku menurut 

sabdaMu yang benar, ya Tuhan, 

(M.P. Alleluya).

 

Mazmur 120 (121)                                           Penjaga umat

 

Mereka tidak akan menderita lapar 

dan dahaga lagi, dan matahari atau 

panas terik tidak akan menimpa 

mereka lagi. (Why 7,16)

 

Aku melayangkan pandangan ke 

Gunung:*

dari manakah dapat kuharapkan 

pertolongan?

 

Pertolonganku dari Tuhan,*

yang menjadikan langit dan bumi. –

 

Ia takkan membiarkan kakimu 

tersandung,*

yang menjagamu takkan mengantuk.

 

Sungguh, takkan mengantuk dan 

tertidur*

yang menjaga Israel.

 

Tuhan menjaga dan menaungi kamu,*

Yang mahatinggi adalah kekuatanmu.

 

Matahari takkan menyakiti kamu 

di waktu siang,*

maupun bulan di waktu malam.

 

Tuhan menjaga kamu terhadap 

segala kemalangan,*

Ia menjaga nyawamu.

 

Tuhan menjaga segala tingkah 

lakumu,*

sekarang dan selamanya.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera 

dan Roh Kudus, seperti pada 

permulaan sekarang selalu dan 

sepanjang segala abad. Amin

 

Ant. 2         Bimbinglah aku menurut 

sabdaMu yang benar, ya Tuhan, 

(M.P. Alleluya).

 


Ant. 3         Arahkanlah wajahMu 

kepadaku dan kasihanilah aku, ya 

Tuhan, sebab aku sebatang kara 

dan malang, (M.P. Alleluya).

 

Mazmur 121 (122)                         

Kota suci Yerusalem

 

Kamu sudah datang ke gunung Sion, 

ke kota Allah yang hidup, Yerusalem 

surgawi (Ibr, 12,22).

 

Betapa gembira hatiku, ketika 

dikatakan kepadaku:*

“Mari kita pergi ke rumah Tuhan.”

 

Sekarang kami telah berdiri*

di gerbangmu, hai Yerusalem!

 

Hai Yerusalem engkau dibangun*

sebagai kota yang rapat tersusun.

 

Suku bangsa berziarah kepadamu,*

suku bangsa Tuhan.

 

Untuk bersyukur kepada Tuhan*

sesuai dengan peraturan Israel.

 

Di sanalah terdapat kursi pengadilan,*

kursi keluarga raja Daud.

 

Mohonkanlah damai sejahtera bagi 

Yerusalem:*

“Damai sejahtera bagi orang yang 

mencintai engkau!”

 

Semoga damai sejahtera turun atas 

wilayahmu*

dan kemakmuran atas istanamu. –

 

Atas nama semua saudara dan 

sahabatku*

aku mengucapkan selamat 

kepadamu.

 

Demi bait Tuhan, Allah kita,*

aku memohonkan kebahagiaan 

bagimu.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera 

dan Roh Kudus, seperti pada 

permulaan sekarang selalu dan 

sepanjang segala abad. Amin

 

Ant. 3         Arahkanlah wajahMu 

kepadaku dan kasihanilah aku, ya 

Tuhan, sebab aku sebatang kara 

dan malang, (M.P. Alleluya).

 

 

BACAAN SINGKAT

(Am 4,13)

Dia yang membentuk gunung-

gemunung dan yang menciptakan 

angin. Dia yang memberitahukan 

pikiranNya kepada manusia. Dia 

yang membuat fajar dan kegelapan, 

dan yang berjejak di atas bukit-bukit: 

Tuhan, Allah semesta alam, itulah 

namaNya.

 

P: Pujilah Tuhan, segala karya Tuhan.

U: Pujilah dan luhurkanlah Dia 

selama-lamanya.

 

DOA PENUTUP

Tuhan, Engkau telah mengaruniakan

Roh Kudus kepada para rasul waktu

mereka berdoa pada pagi hari. 

Semoga Engkau bermurah hati 

terhadap kami dan mengizinkan 

kami juga mengambil bagian dalam 

kurnia rahmatMu. Demi Kristus, 

pengantara kami. Amin

 

PENUTUP

P: Marilah memuji Tuhan.

U: Syukur kepada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar