Senin, 10 Mei 2021

Ibadat Bacaan: Senin, 10 Mei 2021

Senin, 10 Mei 2021

PEKAN VI PASKAH – O PEKAN II

Hari Biasa Pekan VI Paskah (P)

 

IBADAT BACAAN

 

PEMBUKAAN

P: Ya Allah, bersegeralah menolong aku

U: Ya Tuhan, perhatikanlah hambaMu

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus

Seperti pada permulaan, sekarang, selalu  dan sepanjang segala abad. Amin

Alleluya.

 

MADAH

Ini sungguh hari Tuhan

Hari penuh kesukaan

Dosa kita dibersihkan

Oleh darah suci Tuhan

 

O betapa mengagumkan

Bahwasanya cinta Tuhan

Berhasil meniadakan

Ketakutan yang menekan

 

O betapa mentakjubkan

Bahwasanya kematian

Berhasil mengembalikan

Hidup yang tak terkalahkan

 

Terpujilah Kristus Tuhan

Kaukalahkan kematian

Engkau dibangkitkan Bapa

Dengan kekuatan RohNya. Amin

 

PENDARASAN MAZMUR

 

Antifon 1

Ya Tuhan, condongkanlah telingaMu kepadaku dan bebaskanlah aku

 

Mazmur 30 (31), 1-7.20-25 Doa orang yang menderita yang penuh kepercayaan

Ya Bapa, ke dalam tanganMu Kuserahkan nyawaKu (Luk 23,46)

                        I

KepadaMu, ya Tuhan, aku berlindung,*

jangan sampai aku dikecewakan!

 

Demi kesetiaanMu selamatkanlah aku,+

condongkanlah telingaMu kepadaku *

dan bebaskanlah aku segera!

 

Sudilah Engkau menjadi gunung pengungsianku*

dan benteng pertahananku yang kuat.-

 

Sebab Engkaulah pelindung dan penyelamatku, *

dan demi namaMu Engkau akan membimbing dan menuntun daku.

 

Engkau akan melepaskan daku dari jaring +

yang dipasang untuk menjerat aku,*

sebab Engkaulah pelindungku.

 

Ke dalam tanganMu kuserahkan hidupku,*

tebuslah aku, ya Tuhan Allah.

 

Sungguh, aku benci akan para pemuja berhala +

dan aku menaruh kepercayaanku pada Tuhan; *

aku bersorak sorai dengan gembira atas kasih setiaMu.

 

Ketika melihat penderitaanku,*

Engkau membela aku terhadap serangan musuh.

 

Engkau tidak menyerahkan daku ke tangannya *

dan tidak menjerumuskan daku ke alam maut.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

seperti pada permulaan sekarang, selalu  dan sepanjang segala abad. Amin

 

Antifon 1

Ya Tuhan, condongkanlah telingaMu kepadaku dan bebaskanlah aku

 

Antifon 2

Pandanglah hambaMu dengan wajah berseri, ya Tuhan, alleluya

                        II

Kasihanilah aku, ya Tuhan,*

sebab sungguh sesaklah hatiku.

 

Mataku pudar karena sedih

meranalah jiwa dan ragaku.

 

Hidupku dihabiskan oleh derita,*

sepanjang umur aku berkeluh kesah.

 

Kekuatanku surut terisap sengsara,*

tulang-tulang ku retak dan rapuhlah tenagaku

 

Aku menjadi bahan hinaan bagi tetanggaku*

dan alamat naas bagi handai taulanku.

 

Semua orang yang  melihat aku di jalan

lari terbirit-birit menghindari aku.

 

Lisutlah aku tak ubahnya dengan mayat,*

tiada berarti bagaikan jambangan yang pecah

 

Kudengar desas desus dibisikkan dari mulut ke mulut,*

suasana ketakutan menghantui aku

 

Mereka bersekongkol mencelakakan daku,*

bersepakat mencabut nyawaku.

 

Tetapi aku, aku percaya kepadaMu, ya Tuhan,+

aku berkata: “Engkaulah Allahku,*

hidupku ada dalam tanganMu.”

 

Renggutlah aku dari cengkeraman musuh *

dan bebaskan daku dari para pengejarku.

 

Pandanglah hambaMu dengan wajah berseri,*

selamatkanlah aku demi kasih setiaMu.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

seperti pada permulaan sekarang, selalu  dan sepanjang segala abad. Amin

 

Antifon 2

Pandanglah hambaMu dengan wajah berseri, ya Tuhan, alleluya

 

Antifon 3

Terpujilah Tuhan, yang menyatakan kasihNya yang mengagumkan kepadaku, alleluya

                        III

Betapa berlimpah kebaikanMu *

yang Kausediakan bagi orang takwa

 

Yang Kaukerjakan di hadapan sluruh umat manusia *

bagi orang yang berharap padaMu

 

Engkau menyembunyikan mereka dalam kehadiranMu *

terhadap fitnahan musuh

 

Engkau melindungi mereka dalam rumahMu *

terhadap lidah yang mengumpat.

 

Terpujilah Tuhan +

yang menyatakan kasihNya yang mengagumkan *

dari dalam bentengNya yang kuat

 

Pernah aku berkata dalam kegelisahanku: *

“Aku telah terpisah dari kehadiranMu.”

 

tetapi Engkau mendengarkan permohonanku, *

ketika aku berseru kepadaMu

 

Cintailah Tuhan, hai semua orang beriman +

Sebab Tuhan mememelihara umatNya yang setia *

tetapi orang sombong menerima hukuman yang setimpal

 

Besarkanlah hatimu dan tabahlah, *

hai kamu semua yang berlindung kepada Tuhan

 

Kemuliaan  kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

seperti pada permulaan sekarang selalu dan sepanjang segala abad. Amin

 

Antifon 3

Terpujilah Tuhan, yang menyatakan kasihNya yang mengagumkan kepadaku, alleluya

 

BACAAN

1Yoh. 2:1-11

1Yoh 2:1    Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.

 

1Yoh 2:2    Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

 

1Yoh 2:3    Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya.

 

1Yoh 2:4    Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran.

 

1Yoh 2:5    Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia.

 

1Yoh 2:6    Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

 

1Yoh 2:7    Saudara-saudara yang kekasih, bukan perintah baru yang kutuliskan kepada kamu, melainkan perintah lama yang telah ada padamu dari mulanya. Perintah lama itu ialah firman yang telah kamu dengar.

 

1Yoh 2:8    Namun perintah baru juga yang kutuliskan kepada kamu, telah ternyata benar di dalam Dia dan di dalam kamu; sebab kegelapan sedang lenyap dan terang yang benar telah bercahaya.

 

1Yoh 2:9    Barangsiapa berkata, bahwa ia berada di dalam terang, tetapi ia membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan sampai sekarang.

 

1Yoh 2:10  Barangsiapa mengasihi saudaranya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan.

 

1Yoh 2:11  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.

 

BACAAN PILIHAN

Dia dan aku, kesaksian Gabrielle Bossis, mengenai Kasih Allah

Penterjemah Dr. Budi Purnama

Penerbit Mutiara Terpendam

2006/38-39

3. IMAN (2)

Aku bersyukur kepadaNya atas semua rahmat yang diberikanNya kepadaku

Meskipun imanmu hanya sekecil biji sesawi, berusahalah untuk membesarkannya.

Pandanglah Rahmat khusus yang Kuserahkan hari ini sebagai Kasih yang Kuberikan dengan penuh perhatian pada kehidupanmu sehari-hari. Pada setiap tindakanmu, engkau akan menemukan bahwa Aku selalu memperhatikanmu, selalu berjalan mendahuluimu.

Pernahkah engkau tidak Kutemani dalam perjalananmu? Sering kali justru barang-barangmu yang kaupercayakan kepadaKu, sedangkan bagiKu, milikmu yang paling berharga adalah dirimu sendiri. Percayakanlah dirimu padaKu tanpa henti.

Sekarang ini juga serahkanlah dirimu sebagaimana adanya kepadaKu, dan di dalam TanganKu. Bukankah engkau akan lebih aman?

Apakah engkau tidak membaca di dalam Injil: “Dia meletakkan tanganNya dan menyembuhkan mereka?”

Dengan pemberianmu itu, Aku akan membebaskanmu dari perkara yang banyak mengandung sifat duniawi: hal-hal yang mementingkan diri sendiri, yang mengotorkan pikiranmu.

Percayalah selalu, selalu lebih percaya lagi, sampai-sampai mengharapkan suatu  mukjijat sekalipun.

Janganlah engkau berhenti di tengah-tengah, dengan demikian engkau membuat batasan dalam kepercayaanmu terhadapKu, dan demikian engkau juga akan membatasi KasihKu.

Setelah mengembangkan imanmu dengan baik, maka engkau akan mengembangkannya lebih baik lagi, tanpa pernah melewati batas yang Aku harapkan darimu.

Letakkan harapanmu padaKu, dan jangan pada dirimu sendiri. Dengan demikian engkau akan maju…. Engkau akan meningkat….meningkat naik dengan sayap burung Rajawali, anakKu yang Kukasihi. 28 Agt 1941

 

DOA PENUTUP

Allah yang maharahim, semoga rahmat Paska yang telah kami terima, menghasilkan buah berlimpah dalam kehidupan kami.

Demi Yesus Kristus, pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala masa. Amin

 

PENUTUP

P: Marilah memuji Tuhan

U: Syukur kepada Allah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar