Jumat, 07 Januari 2022

Ibadat Bacaan: Jumat, 07 Januari 2022

Jumat, 07 Januari 2022

O Pekan II

Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan (P)

 

IBADAT BACAAN

 

PEMBUKAAN

P: Ya Allah, bersegeralah menolong aku

U: Ya Tuhan, perhatikanlah hambaMu

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus, seperti pada permulaan sekarang selalu dan sepanjang segala abad. Amin

Alleluya

 

MADAH 

O Betlehem bahagia

Wilayah yang menyaksikan

Raja penebus dunia

Yang menjelma dilahirkan.

 

Bintang yang terang benderang

Laksana cahaya surya

Memaklumkan Allah datang

Terselubung tubuh fana.

 

Sesudah sarjana tiba

Lekas bekal dibukanya

Emas dupa dan mur wangi

Tanda bakti dan upeti.

 

Mulyalah Engkau ya Tuhan

Pada hari penampakan

Serta Bapa dan Roh suci

Mulyalah kekal abadi. Amin.

 

PENDARASAN MAZMUR

 

Ant. 1         Janganlah menghajar aku dalam amarahMu, ya Tuhan.

 

Mazmur 37 (38)         Doa orang berdosa dalam bahaya

Semua orang yang mengenal Yesus dari dekat... berdiri jauh-jauh ( Luk 23,49 )

I

Ya Tuhan, janganlah menyiksa aku dalam murkaMu,

janganlah menghajar aku dalam amarahMu.

 

PanahMu tertancap dalam tubuhku,*

tanganMu berat menekan daku.

 

Karena amarahMu rusaklah tubuhku terkoyak-koyak,*

karena dosaku remuklah tulang belulangku.

 

Aku tenggelam dalam lautan kesalahanku,*

tersesak oleh timbunan dosa yang tak tertahan.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus, seperti pada permulaan sekarang selalu dan sepanjang segala abad. Amin

 

Ant. 1         Janganlah menghajar aku dalam amarahMu, ya Tuhan.

 

Ant. 2         Ya Tuhanku, jeritan tangisku menggema dihadapanMu

II

Lukaku membusuk dan bernanah *

karena kebodohan tingkah lakuku.

 

Aku tertunduk dan tersungkur,*

sepanjang hari aku berkeliaran kebingungan.

 

Hatiku panas, tersengat radang, *

tiada yang sehat dalam diriku.

 

Aku hancur luluh kehabisan tenaga,*

hatiku mengaduh dan meronta-ronta kesakitan.

 

Ya Tuhanku, jeritan tangisku menggema di hadapanMu,*

dan rintihanku tidak tersembunyi bagiMu.

 

Jantungku berdebar-debar dimakan demam, kekuatanku menghilang, *

bahkan cahaya mataku pudar melenyap.

 

Handai taulanku menyingkiri aku karena penyakitku,*

dan kaum kerabatku menjauhi aku.

 

Orang yang ingin mencabut nyawaku memasang jerat, *

orang yang mengikhtiarkan celakaku, mengejar aku.

 

Pembunuhan dan pengkhianatan *

itulah yang mereka pikir-pikirkan sepanjang hari.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus, seperti pada permulaan sekarang selalu dan sepanjang segala abad. Amin

 

Ant. 2         Ya Tuhanku, jeritan tangisku menggema dihadapanMu

 

Ant. 3         Aku mengakui dosaku; jangan tinggalkan daku, ya Tuhan, penyelamatku

III

Namun aku seperti orang tuli yang tidak mendengar, *

seperti orang bisu yang tidak membuka mulut

 

Aku seperti orang yang tidak mendengar,*

yang tidak mengucapkan bantahan.

 

Sebab kepadaMulah aku berharap, ya Tuhan, *

Engkaulah yang akan menjawab, ya Allahku.

 

Kataku: “Janganlah biarkan mereka mempermainkan daku,*

jangan mereka menjadi sombong bila aku goyah.”

 

Sebab tak mungkin aku lepas dari kesalahanku,*

terus menerus aku dirundung kesusahan.

 

Sungguh, aku mengakui dosaku,*

aku cemas karena kejahatanku.-

 

Aku menghadapi lawan yang sangat kuat,*

amat banyaklah musuh yang mengkhianati aku.

 

Mereka membalas kebaikan dengan kejahatan,*

mereka mengumpat aku, padahal aku bermaksud baik.

 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus, seperti pada permulaan sekarang selalu dan sepanjang segala abad. Amin

 

Ant. 3         Aku mengakui dosaku; jangan tinggalkan daku, ya Tuhan, penyelamatku

 

BACAAN

Bar 4:5-29

Bar 4:5       Kuatkanlah hatimu, hai bangsaku, yang membawa nama Israel!

 

Bar 4:6       Kamu telah dijual kepada bangsa-bangsa lain, tetapi tidak untuk dibinasakan. Karena telah memurkakan Allah maka kamu diserahkan kepada para lawan.

 

Bar 4:7       Sebab Pembuatmu telah kamu marahkan, dengan mempersembahkan korban kepada setan, bukannya kepada Allah.

 

Bar 4:8       Pengasuhmu telah kamu lupakan, yakni Allah kekal, dan hati Yerusalem, dayahmupun telah kamu dukakan.

 

Bar 4:9       Melihat kemurkaan Allah mendatangi diri kamu maka Yerusalem berkata: "Dengarlah, hai sekalian tetangga Sion! Allah telah mengirim kepadaku kesedihan besar."

 

Bar 4:10     Sebab anak-anakku yang laki-laki dan perempuan kulihat tertawan, sebagaimana yang telah dikirimkan Yang Kekal kepada mereka.

 

Bar 4:11     Mereka telah kuasuh dengan sukacita, tetapi sekarang kulihat pergi dengan tangisan dan sedih hati.

 

Bar 4:12     Janganlah seorangpun bersukaria oleh karena diriku, seorang janda yang telah ditinggalkan banyak anak. Karena dosa anak-anakku aku menjadi kesepian, sebab mereka telah berpaling dari hukum Taurat Allah

 

Bar 4:13     dan tidak mau mengenal peraturan-peraturan-Nya; mereka tidak berjalan di jalan perintah-perintah Allah, dan tidak menempuh jalan-jalan pengajaran sesuai dengan kebenaran Allah.

 

Bar 4:14     Hendaklah para tetangga Sion datang, dan hendaklah kamu ingat kepada anak-anakku yang laki-laki dan perempuan yang tertawan, sebagaimana yang telah dikirimkan Yang Kekal kepada mereka.

 

Bar 4:15     Sebab Allah telah mengirim kepada mereka suatu bangsa dari jauh, suatu bangsa biadab dengan bahasa yang asing, yang tidak menghormat uban, dan tidak pula menyayangkan kanak-kanak.

 

Bar 4:16     Anak-anak kesayangan si janda dibawa mereka dan ia sendiri ditinggalkannya kesepian tanpa anak-anak perempuannya.

 

Bar 4:17     Adapun aku, bagaimana kamu dapat kutolong?

 

Bar 4:18     Dia yang telah mengirim bencana-bencana itu kepadamu akan melepaskan kamu dari genggaman musuhmu.

 

Bar 4:19     Pergilah saja, hai anak-anakku, pergilah, sebab aku telah tertinggal kesepian.

 

Bar 4:20     Pakaian kebahagiaan telah kutanggalkan dan karung permohonan kukenakan. Sepanjang umur hidupku hendak kujerit kepada Yang Kekal!

 

Bar 4:21     Kuatkanlah hatimu, anak-anakku, berserulah kepada Allah, niscaya kamu akan dilepaskan-Nya dari kekuasaan dan genggaman musuh.

 

Bar 4:22     Sebab aku mengharapkan keselamatanmu dari Yang Kekal, maka sukacita telah datang kepadaku dari Yang Kudus, oleh karena belas kasihan yang segera datang kepada kamu dari Yang Kekal ialah Penyelamatmu.

 

Bar 4:23     Sebab dengan sedih hati dan tangisan aku membiarkan kamu pergi, tetapi kamu dikembalikan kepadaku oleh Allah dengan sukaria dan sukacita untuk selama-lamanya.

 

Bar 4:24     Sebab seperti sekarang tetangga Sion melihat kamu tertawan, demikianpun mereka segera akan melihat penyelamatanmu yang datang dari Allah, yang akan sampai kepada kamu dengan kemuliaan besar dan dengan kilauan dari Yang kekal.

 

Bar 4:25     Hai anak-anakku, hendaklah tabah menanggung kemurkaan, yang mendatangi diri kamu dari Allah. Engkau dikejar-kejar oleh musuhmu, tetapi segera akan kaulihat kebinasaannya, dan akan kauinjak tengkuknya.

 

Bar 4:26     Timanganku harus menempuh jalan-jalan yang jendal-jendul seperti kawanan yang dirampas, dihalaukanlah mereka oleh musuh.

 

Bar 4:27     Kuatkanlah hatimu, anak-anakku, berserulah kepada Allah; Dia yang mengirim bencana itu akan teringat kepadamu pula.

 

Bar 4:28     Seperti dahulu angan-angan hatimu tertuju untuk bersesat dari Allah, demikian hendaklah kamu sekarang berbalik untuk mencari Dia dengan sepuluh kali lebih rajin.

 

Bar 4:29     Memang Dia yang telah mengirim segala bencana itu kepada kamu akan mengirim pula sukacita abadi bersama dengan penyelamatanmu.

 

BACAAN LAIN

Dia dan aku, kesaksian Gabrielle Bossis, mengenai Kasih Allah

Penterjemah Dr.Budi Purnama

Penerbit Mutiara Terpendam

2006/137

12. KEKUATAN DOA: PERSEMBAHAN DAN PERBUATAN BAIK

Tuhan, kesulitanku ialah karena aku tidak melihatMu yang kukasihi, sehingga aku mengasihi dalam keadaan samar-samar.

Tetapi bukankah engkau telah mempunyai rincian Kehidupan dan KematianKu?

Bukanlah kamu dapat melihat Aku di dalam Injil, di halaman ini atau itu. Dan bukankah imanmu memerlukan latihan dan kesempatan untuk mendapat penghargaan?

Berbahagialah mereka yang percaya dan yang mengasihi tanpa pernah melihat. Kerajaan para Kudus, yang adalah Aku, akan menjadi miliknya.

 

DOA PENUTUP

Allah yang mahakuasa, kelahiran penyelamat dunia dimaklumkan cahaya bintang di langit. Semoga kami semakin mengenal dan mengasihi Dia, yaitu Yesus Kristus, PuteraMu dan pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala masa. Amin

 

PENUTUP

P: Marilah memuji Tuhan

U: Syukur kepada Allah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar